Home » News » Belajar Bukan Hanya Kejar Gelar

Belajar Bukan Hanya Kejar Gelar

Semakin tinggi jenjang pendidikan yang kita tempuh, semakin bergengsi juga gelar akademis yang kita kantongi. Namun, bukan berarti kita hanya menjadikan gelar akademis sebagai tujuan satu-satunya dalam belajar. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab mengingatkan, semua pelajar dan mahasiswa harus belajar dengan baik, bukan karena semata-mata mengejar gelar.

“Gelar itu memang jadi bahan pertimbangan dalam beberapa hal, tapi bukan berarti harus mengejar gelar saja,” tegas Rochmat, ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini. Selain itu, Rochmat menambahkan, para mahasiswa harus menyadari bila perguruan tinggi bukan satu-satunya tempat untuk mengasah kemampuan. Dia pun sangat menganjurkan para mahasiswa aktif dalam mencari pengalaman dan ilmu dari luar kampus.

“Misalnya dengan mengikuti kompetisi atau forum-forum di luar meja kuliah. Karena kampus tidak bisa mejawab semuanya, sehingga mahasiswa harus bisa bekerja keras,” tukasnya. Di sisi lain, Rochmat mendorong perguruan tinggi meningkatkan mutu. Misalnya dari sisi dosen, tidak boleh berhenti meningkatkan kualifikasi mereka. “Dukungan juga diperlukan dari semua elemen masyarakat dan pemerintah,” tandasnya. Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/05/03/65/1379437/belajar-bukan-hanya-kejar-gelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *