Home » News » Enam Cara Buat Resume Dilirik Perusahaan

Enam Cara Buat Resume Dilirik Perusahaan

Sebuah perusahaan akan menerima ratusan bahkan ribuan resume untuk posisi yang sama dari para pelamar. Untuk menyeleksinya, tentu perusahaan tak punya waktu untuk membacanya satu per satu. Hanya resume yang menariklah yang akan dilirik untuk dilihat lebih lanjut.

Membuat resume yang menarik sebenarnya tidak sulit. Dilansir dari Careerealism, berikut ini beberapa caranya:

1. Pastikan tidak ada kesalahan

Setelah membuat resume, mintalah tolong orang lain untuk memeriksanya terlebih dahulu. Sebab, biasanya kesalahan kecil, seperti jarak tulisan yang berbeda, kesalahan tanda baca, dan ejaan kerap tidak disadari. Banyak perusahaan yang menemukan berbagai kesalahan pada resume kandidat. Kesalahan ini membuat kandidat kehilangan kesempatan untuk mendapat panggilan lanjutan di perusahaan tersebut.

2. Sesuaikan resume dengan posisi yang dilamar

Banyak job seeker yang hanya memiliki satu buah resume lalu disebarkan di berbagai perusahaan atau posisi. Tindakan tersebut tidaklah tepat. Sebagai kandidat, cocokkan kata kunci dalam resume-mu dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, beri dukungan dengan prestasi yang relevan.

3. Buat resume yang singkat

Resume yang bagus bukanlah yang banyak prestasinya. Prestasi yang dituliskan semua di dalam resume, terlebih dengan huruf yang kecil justru membuat perusahaan sulit untuk membacanya. Pastikan resume yang dibuat bersih, perhatikan batas atau margin, serta gunakan jenis tulisan yang mudah dibaca.

4. Gunakan kata kunci

Pilih kata kunci yang yang berhubungan erat dengan pekerjaan yang dilamar. Sebab, siapa pun yang membuka lowongan pekerjaan tersebut berharap mendapat kandidat yang pas dan cocok dengan perusahaan. Oleh sebab itu, kata kunci ini akan mempermudah mereka untuk menemukanmu.

5. Deskripsikan prestasi

Tunjukkan bahwa dibanding dengan hanya bertanggung jawab, kamu memang benar-benar terlibat dalam suatu kegiatan dan berhasil menyukseskannya.

6. Gunakan kekuatan kata

Kata-kata seperti memimpin, meluncurkan, mengeksekusi, merencanakan, dan lain sebagainya jauh lebih memiliki nilai tambah dibandingkan dengan hanya menjadi anggota atau staf. Tunjukkan kemampuanmu dengan mendeskripsikan capaian yang telah didapat dari pekerjaan sebelumnya.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/06/27/65/1426609/enam-cara-buat-resume-dilirik-perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *