Home » News » Hindari Kesalahan dalam Membuat Resume

Hindari Kesalahan dalam Membuat Resume

SERING KALI kita merasa CV dan surat lamaran yang dibuat telah sempurna dan benar adanya. Namun berdasarkan survei yang dilakukan di kalangan personalia dan HR, banyak kandidat yang membuat kesalahan dalam CV dan surat lamaran.

Artikel berikut ini akan membahas beberapa kesalahan yang kadang terlewatkan dan bisa menjadi tidak terlihat profesional ketika resume sudah sampai di tangan personalia atau pihak HR di perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Surat lamaran dan CV terlalu panjang

Idealnya, panjang CV dan surat lamaran Anda tidak lebih dari 1,5 halaman. Upayakan untuk merangkum semua prestasi, pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan Anda secara singkat dan padat. Kurangi beberapa poin yang terkesan mengulang serta tidak relevan dalam surat lamaran dan CV Anda.

“Jangan lupa untuk mencantumkan akun Linkedin, Facebook, Twitter, Instagram dan social media lainnya, dengan demikian jika pihak pewawancara ingin mengetahui lebih jauh profil Anda, bisa langsung melihat secara online,” saran CEO Karirpad, Chandra Ming.

Informasi dan uraian terlalu sedikit

Anda juga diminta untuk menuliskan lebih banyak informasi dan jangan terlalu sedikit memberikan data serta pengalaman yang telah diraih selama ini. Idealnya, seimbangkan apa yang ingin Anda tuliskan dan kurangi poin-poin yang tidak dibutuhkan. CV dan resume Anda merupakan informasi pertama yang dilihat oleh perusahaan saat melakukan proses wawancara.

Tidak perlu menulis harapan dan tujuan

Idealnya adalah CV dan surat lamaran adalah data serta informasi lengkap tentang pengalaman dan profil diri Anda. Ketika tujuan serta harapan dalam karier Anda turut dicantumkan di dalam CV dan surat lamaran, maka hal tersebut akan menjadi tidak relevan karena bisa disebutkan saat panggilan wawancara berlangsung. Di situlah kesempatan Anda untuk bercerita dengan jelas.

Penulisan

Poin yang satu ini merupakan kebiasaan yang perlu Anda lakukan secara rutin terutama ketika CV dan surat lamaran telah selesai dirangkum. Di saat akhir, jangan lupa untuk selalu mengecek penulisan, pengejaan dan grammar bahasa Inggris jika penulisan keseluruhan menggunakan bahasa Inggris. Pastikan CV dan surat lamaran Anda tertulis dengan benar dan tepat.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/06/09/65/1410520/hindari-kesalahan-dalam-membuat-resume

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *