Home » News » Langkah Membuat Presentasi yang Baik

Langkah Membuat Presentasi yang Baik

SAAT memasuki dunia kerja, membuat dan memberikan presentasi merupakan bagian dari rutinitas sehari-hari. Kegiatan ini rutin dilakukan para pekerja yang harus selalu siap memberikan presentasi kepada klien, atasan dan pihak-pihak terkait lainnya.

Artikel berikut memaparkan tiga hal penting yang wajib diperhatikan ketika Anda sedang melakukan persiapan membuat presentasi di tempat kerja menurut CEO Karirpad, Chandra Ming.

1. Perubahan

Apa pun presentasi yang Anda berikan idealnya adalah isi presentasi tersebut harus memiliki nilai-nilai lebih yang berpengaruh dan berpotensi untuk mengubah pendapat atau pandangan yang ada. Presentasi yang lengkap biasanya berisikan berbagai grafik, gambar dan fakta yang mudah untuk diingat. Namun demikian, hal tersebut ternyata tidak cukup mampu untuk memberikan pengaruh dan perubahan kepada klien, atasan dan pihak lainnya yang melihat presentasi Anda.

Yang perlu Anda lakukan untuk bisa membuat presentasi yang memiliki pengaruh serta dampak positif untuk semua orang adalah presentasi yang berisikan motivasi, inspirasi serta hal-hal lainnya yang bisa memberikan pengaruh baik kepada semua orang yang melihat langsung presentasi Anda.

2. Informasi

Akurasi data serta informasi yang valid merupakan esensi serta hal yang paling penting ketika Anda membuat presentasi. Presentasi yang baik adalah presentasi yang berisikan data yang sebenarnya. Hindari penggunaan desain, slide yang berlebihan ketika sedang membuat presentasi. Fokuskan hanya kepada data dan semua informasi yang Anda dapatkan.

Idealnya, presentasi merupakan kumpulan data yang Anda tampilkan dilengkapi dengan fakta dan informasi yang relevan, sehingga orang-orang yang akan melihat presentasi Anda bisa mengerti dan mengetahui dengan jelas hal apa yang ingin Anda sampaikan.

3. Bercerita

Jangan hanya mengandalkan data, lengkapi presentasi Anda dengan alur cerita yang bisa menggambarkan isi presentasi dengan baik. Untuk itu sisipkan dengan benar di mana cerita yang ingin Anda sampaikan di slide presentasi Anda.

“Yang perlu diperhatikan adalah, ajak orang-orang yang melihat presentasi Anda ke visi dan misi yang ingin Anda sampaikan melalui rangkaian presentasi, jika memungkinkan sisipkan pula cerita emosional di slide presentasi Anda,” saran Chandra Ming.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/06/11/65/1412450/langkah-membuat-presentasi-yang-baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *