Home » News » Lima Kiat Hadapi Wawancara Kerja Pertama

Lima Kiat Hadapi Wawancara Kerja Pertama

Bagi para fresh graduate yang baru lulus kuliah, pengalaman mencari kerja pertama akan menjadi sangat menarik juga menegangkan. Datang ke bursa kerja, kirim lamaran via email, hingga menunggu panggilan wawancara pun menjadi aktivitas sehari-hari.

Berhasil mendapat panggilan wawancara kerja tentu merupakan kesempatan emas bagi para fresh graduate. Sayangnya, rasa gugup dan kurangnya pengalaman justru membuat mereka tidak maksimal dalam menghadapi wawancara kerja. Oleh sebab itu, yuk simak beberapa kiat berikut ini.

1. Cari tahu perusahaan

Sebagai orang yang belum tahu seluk-beluk dunia kerja, fresh graduate kerap memiliki pengetahuan yang minim tentang perusahaan. Cari tahu latar belakang perusahaan tersebut. Simak pula pencapaian dan kultur perusahaan yang dilamar. Hal ini bisa menjadi pertimbanganmu dalam memilih pakaian yang akan dikenakan saat wawancara.

2. Cari tahu pewawancara

Selain mencari tahu perusahaan, coba cari tahu juga orang yang akan mewawancaraimu. Saat ini, LinkedIn menjadi media sosial yang memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan para profesional, termasuk pihak-pihak yang ada di suatu perusahaan. Dengan mengetahui latar belakang pewawancara, siapa tahu kamu bisa membuka obrolan menarik, seperti hobi, pendidikan, atau lain sebagainya.

3. Buat daftar pertanyaan

Bertanya pada saat wawancara kerja akan membuatmu tampak antusias di hadapan pewawancara. Meski begitu, tidak semua pertanyaan bisa diajukan begitu saja. Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan, misalnya pencapaian perusahaan atau pengalaman mereka dalam menghadapi masa-masa sulit.

4. Siapkan jawaban terbaik

Latihan sebelum wawancara kerja menjadi cara terbaik untuk menyiapkan jawaban-jawaban pertanyaan. Secara umum, pertanyaan dalam wawancara kerja pertama adalah terkait dengan dirimu, baik secara personal, latar belakang pendidikan, dan kemampuan yang dimiliki.

5. Berlatih mengungkapkan keahlianmu

Jangan ragu untuk menceritakan prestasi atau pencapaian yang pernah diraih sebelumnya. Hal ini akan menjadi nilai tambahmu sendiri. Ungkapkan pengalaman yang pernah kamu lakukan secara rinci.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/06/04/65/1406507/lima-kiat-hadapi-wawancara-kerja-pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *