Home » News » Maba Termuda Jadi Kebanggaan Kampus

Maba Termuda Jadi Kebanggaan Kampus

Umumnya calon mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi berusia 17-18 tahun. Nyatanya, sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia menerima mahasiswa baru di usia mereka teramat muda. Di Fakultas Kedokteran (FK) di Universitas Airlangga (Unair) misalnya, maba termuda masih berusia 15 tahun. Sedangkan di Fakultas MIPA Unair, ada maba lebih muda lagi, yaitu berusia 14 tahun.

Diterimanya mahasiswa termuda di sebuah perguruan tinggi, tentu menjadi suatu kebanggaaan bagi kampus tersebut. “Untuk perguruan tingginya sendiri itu menjadi sebuah prestasi. Bangga karena di kampusnya mendapatkan mahasiswa dengan usia termuda,” ungkap Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Fathur Rohman saat dihubungi Okezone, Senin (13/6/2016).

Keberadaan mahasiswa termuda, kata Fathur, bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk lebih berprestasi. Karena jika di usia muda saja bisa berprestasi, mahasiswa lainnya pun bisa ikut mengikuti jejak tersebut.

“Mahasiswa termuda ini kan pasti punya IQ yang tinggi. Jadi dengan mereka masuk ke kampus sangat mendorong motivasi bagi mahasiswa lainnya,” ucapnya.

Meski masih amat belia, Fathur memastikan, para mahasiswa termuda di berbagai kampus itu tentu sudah melewati sejumlah prosedur yang juga dijalani oleh mahasiswa pada umumnya. Misalnya, mendaftar melalui SNMPTN, SBMPTN maupun ujian mandiri. Hal yang membedakan, hanya pada kejeniusan yang dimiliki anak tersebut.

Fathur menambahkan, anak-anak Indonesia adalah anak-anak yang cerdas. Terbukti dengan adanya mahasiswa yang sudah berhasil masuk ke jenjang perkuliahan meski usia mereka masih muda.

” Usia masih 14 tahun saja sudah diterima di perguruan tinggi. Artinya, sebelumnya mereka sudah melakukan akselerasi. Jadi umumya mahasiswa diterima di kampus usia 17 tahun, tapi ini 14 tahun sudah kuliah,” tambahnya.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/06/13/65/1413578/maba-termuda-jadi-kebanggaan-kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *