Home » News » Panduan Menjawab Soal-Soal SBMPTN 2016!

Panduan Menjawab Soal-Soal SBMPTN 2016!

Memperoleh bangku di universitas negeri memang bukan hal yang mudah. Bagaimana tidak, para calon mahasiswa harus mengikuti serangkaian tes dengan persaingan yang sangat ketat. Tahun ini, ada 700 ribu orang lebih yang terdaftar sebagai peserta SBMPTN 2016.

Ujian SBMPTN 2016 yang dilaksanakan pada 30 Mei mendatang menjadi tolok ukur apakah seseorang mampu memenuhi standar kampus yang diinginkan atau tidak. Oleh sebab itu, calon mahasiswa harus mengetahui cara-cara menjawab soal dengan benar.

Mengingat hasil ujian SBMPTN 2016 sangat menentukan, berikut ini beberapa tips dan panduan dalam mengerjakan soal-soal:

1. Jangan asal menebak jawaban

Berbeda dengan sistem pilihan ganda pada umumnya, dalam ujian SBMPTN 2016, setiap jawaban salah akan dikurangi satu poin. Sedangkan jawaban benar diberi skor empat, tidak menjawab diberi skor nol. Dengan demikian, para peserta SBMPTN 2016 tidak boleh asal menjawab. Jawablah soal ketika kamu benar-benar yakin atas pilihan tersebut. Jika tidak yakin, lebih baik dikosongkan saja.

2. Kerjakan soal mudah terlebih dahulu

Secara psikologis, mendahulukan soal yang sulit dapat menguras pikiran dan tenaga. Hal tersebut membuat peserta SBMPTN 2016 kesulitan untuk memaksimalkan pengerjaan dengan baik. Sebab, soal tersebut akan membuat peserta terpaku dari soal-soal lainnya. Padahal, sebenarnya ada soal lain yang mungkin lebih dikuasai, tetapi terlewat karena terlanjur terpaku pada soal sulit tersebut.

3. Perhatikan alokasi waktu

Alokasi waktu yang dimaksud adalah batas waktu yang disediakan untuk menjawab soal-soal ujian SBMPTN 2016. Oleh karena itu, para peserta harus memperhitungkan waktu yang harus dihabiskan untuk menjawab setiap soal. Salah satu cara melatihnya adalah gunakan batas waktu sesuai dengan waktu ujian di setiap melakukan latihan soal. Hal ini akan membiasakan peserta menjawab soal secara tepat dan cepat saat SBMPTN.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/05/27/65/1399529/panduan-menjawab-soal-soal-sbmptn-2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *