Home » News » Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Perlu Lebih Dihargai Oleh Masyarakat

Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Perlu Lebih Dihargai Oleh Masyarakat

Hari ini tepatnya 2 Mei 2016, bangsa ini sedang merayakan hari pendidikan nasional atau yang sering disingkat Hardiknas. Tentu momen ini harus dimanfaatkan sebagai penghargaan terhadap perjuangan Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara, yang merupakan sosok berjasa untuk pengembangan pendidikan di tanah air.
 
Namun kenyataan yang ada di lapangan adalah sistem pendidikan kita masih belum bagus. Masih banyak anak-anak di Indonesia yang tidak mendapatkan kesempatan untuk masuk sekolah sebagaimana mestinya. Juru bicara dari Taman Siswa Yogyakarta yang bernama Ki R Suharto menjelasakan bahwa kesuksesan sistem pendidikan tentu tergantung pada tiga hal. Yang dimaksud Suharto adalah lingkungan, sekolah dan masyarakat. Ketiga hal itu tak pelak harus saling mendukung agar sebuah sistem pendidikan bisa mencapai tujuannya.
 
“Ketiganya harus saling mendukung namun yang ada di jaman sekarang adalah masyarakt Indonesia kurang mendukung pendidikan yang tentu saja penting untuk kemajuan bangsa ini,” Ujar Suharto. Kenyataan bahwa banyak pelajar yang sudah mengkonsumsi minuman keras dan juga menggunakan narkoba adalah sebuah bukti gagalnya sistem pendidikan di negara ini, ungkap Suharto lebih jauh. Belum lagi prilaku seks bebas yang merebak di kalangan remaja. Tawuran Pelajar SMA di Gudang Peluru (kriminalitas) Tawuran Pelajar SMA di Gudang Peluru.
 
(kriminalitas) Prilaku negatif anak sekolah itu adalah indikasi bahwa masyarkat sendiri tidak mendukung pendidikan yang bagus. Masyarakat membiarkan bahkan menjual miras untuk kalangan remaja termasuk anak sekolah. Meskipun demikian, Suharto sendiri tidak semata-mata mengkambinghitamkan masyarakat pada perlakuan menyimpang anak-anak sekolah tersebut. Ada hal lain yang juga menjadi pengaruh signifikan untuk kondisi itu. “Globalisasi atau pengaruh dari luar juga menjadi hal penting terhadap gagalnya sistem pendidikan yang menyebabkan prilaku anak sekolah banyak yang menyimpang,” Tambah Suharto.
 
Pendidikan, menurutnya, semua baik sejauh dilaksanakan dengan semestinya dan sewajarnya. Baik itu pendidikan negeri maupun yang berasal dari yayasan semua pendidikan baik menurutnya. Yang terpenting adalah kita sebagai masyarakat yang beretika harus tau perjuangan Ki Hadjar Dewantoro untuk memajukan pendidikan di negeri ini sehingga semua bisa kita nikmati sekarang. Bentuk penghargaan tentu saja sederhana yaitu kesadaran bahwa pendidikan adalah hal penting untuk hidup ini. Sumber: www.jberita.com/276422/perjuangan-ki-hadjar-dewantara-perlu-lebih-dihargai-oleh-masyarakat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *