Home » News » Sensus Ekonomi 2016, Tim BPS Datangi Kediaman Bupati-Wabup

Sensus Ekonomi 2016, Tim BPS Datangi Kediaman Bupati-Wabup

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dan Wakil Bupati (wabup) Nurul Aman nihil dari kepemilikan usaha atau bisnis atas nama pribadi. Hal tersebut terungkap setelah Badan Pusat Statistik (BPS) Muara Enim melakukan pendataan Sensus Ekonomi (SE) di kediaman rumah dinas keduanya, kemarin (2/5). Dikediaman Muzakir, petugas BPS didampingi oleh kepala BPS Muara Enim Enim, Sukerik melakukan pendataan sensus ekonomi dengan memulai sejumlah pertanyaan kepada Bupati.
 
Selama pendataan, petugas SE juga banyak melayangkan pertanyaan terutama berkaitan dengan usaha, yang dimiliki oleh Muzakir atas nama pribadi dan beraktivitas di lingkungan rumah Dinas. “Saya tak punya usaha lainnya selain cuma jadi Bupati,” jawab Muzakir kepada tim petugas BPS. Bupati Muara Enim Ir H. Muzakir Sai Sohar memasang Stiker Sensus Ekonomi 2016 Bupati Muara Enim Ir H. Muzakir Sai Sohar memasang Stiker Sensus Ekonomi 2016 Mendengar jawaban Bupati, petugas Sensus kemudian menjelaskan bahwa responden yang tak memiliki usaha pribadi akan tetap dilakukan sensus dengan hanya melakukan pendataan kepada anggota keluarga.
 
Meski tak memiliki usaha pribadi, Muzakir mengaku sangat mendukung upaya BPS dalam menjalankan sensus ekonomi tahun ini. Dirinya berharap, seluruh masyarakat terutama kalangan pengusaha memberikan data seakurat-akuratnya demi mensukseskan pelaksaan sensus ekonomi. “Saya berharap pengusaha memberikan data sebenar-benarnya dan jangan ragu kepada petugas BPS agar data ekonomi yang didapat nanti valid, bila data BPS yang dihimpun BPS adalah real sesuai fakta maka akan berguna bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan strategis untuk kesejahteraan masyarakat kedepan,” ungkapnya.
 
Setelah melayangkan beberapa pertanyaan, petugas SE langsung menempelkan sticker didepan rumah sebagai tanda telah selesainya rumah tersebut disensus petugas. Sementara dalam kunjungan ke kediaman Wabup Nurul Aman, tim BPS juga menerima jawaban serupa. Nurul menjelaskan, selama menjabat wakil bupati dirinya cuma memiliki usaha perkebunan karet dan sama sekali tak memiliki usaha bisnis lainnya. “Kalau usaha dak katek, tapi kebon karet aku akui memang ado,” ujarnya. Kepala BPS Muara Enim, Sukerik mengatakan sensus ekonomi dilakukan dengan menerjunkan sebanyak 496 petugas disejumlah wilayah konsentrasi usaha di Kabupaten Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) yang diselenggarakan 1-31 Mei 2016.
 
Kata Sukerik sensus ekonomi 2016 akan menjamin kerahasiaan data responden sehingga pihaknya mengharapkan kejujuran dan keterbukaan bagi pelaku usaha saat disensus petugas. “Sensus ekonomi tidak ada hubungannya dengan permasalahan pajak ataupun sebagianya, data responen tidak akan disebarluaskan dan bersifat rahasia sesuai dengan Undang-Undang (UU) 16/1997 tentang Statistik, jadi para pelaku usaha jangan khawatir untuk memberikan data sesungguhnya kepada petugas,” jelasnya. Sumber: www.jberita.com/276431/sensus-ekonomi-2016-tim-bps-datangi-kediaman-bupati-wabup/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *