Home » News » Sultan HB X Ingin Pendidikan di Yogya Berbasis Budaya

Sultan HB X Ingin Pendidikan di Yogya Berbasis Budaya

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono berharap agar budaya yang ada masuk dalam pendidikan. Harapannya, agar peserta didik tak hanya pandai secara intelektual, tapi juga beradab.

“Sekarang ini, kita baru bisa membahas, bagaimana pendidikan di Yogya berbasis budaya,” kata Sultan usai memimpin upacara peringatan Hardiknas di Lapangan Mandala Krida Yogyakarta, Senin (2/5/2016).

Konsep pendidikan berbasis budaya itu tengah dibahas dalam kongres di UGM Yogyakarta. Raja Kraton Yogyakarta berharap agar menemukan formula baru dalam pengembangan pendidikan berbasis budaya.

“Kita sudah punya Tamansiswa, Muhamadiyah, pesantren-pesantren dan lainnya. Itu bisa dicari keunggulannya untuk digabung dalam konsep pendidikan berbasis budaya,” jelasnya.

Menurutnya, prestasi akademik penting, tapi integritas dan kepribadian pada peserta didik juga tak kalah penting. Kedua hal, baik akademik maupun prilaku sesuai adat dan budaya itu juga sangat penting diera global. “Keseimbangan itu bisa dilakukan tidak, prestasi akademik dan prilaku baik sesuai budaya yang ada harus seimbang,” katanya.

Jika dirunut, konsep itu seperti yang dicanangkan Ki Hadjar Dewantara. Memadukan konsep pendidikan barat, mengandalkan ilmu pengetahuan dengan budaya timur. Ki Hadjar paham betul, budaya yang ada tidak ingin tersingkirkan dengan ilmu pengetahuan yang mengandalkan otak atau pikiran semata.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/05/02/65/1378545/sultan-hb-x-ingin-pendidikan-di-yogya-berbasis-budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *