Home » News » Tips Membuat Presentasi yang Menarik

Tips Membuat Presentasi yang Menarik

DI DUNIA profesional, ada kalanya Anda diminta untuk menjadi pembicara atau panelis pada kegiatan internal kantor atau acara lainnya yang mewakili perusahaan. Sebelum melakukan presentasi, ada baiknya Anda melakukan persiapan dan mempelajari terlebih dahulu langkah-langkan yang bisa dilakukan.

Berikut tips dari CEO Karirpad, Chandra Ming, untuk membantu Anda yang saat ini tengah mempersiapkan diri memberikan presentasi di hadapan orang banyak.

Unik dan memorable

Saat seminar atau konferensi, biasanya Anda bukan satu-satunya pembicara yang memberikan presentasi. Untuk itu pastikan Anda memberikan presentasi dengan gaya unik dan memorable alias sulit untuk dilupakan. Lakukan hal-hal mengejutkan yang bisa membuat audiens Anda selalu ingat akan penampilan Anda, mulai dari pembuka, lelucon dan gaya bicara yang jenaka serta hal-hal unik lainnya.

Singkat, padat dan jelas

Sebelum melakukan presentasi, pastikan isi presentasi Anda singkat, padat namun tetap memberikan penjabaran serta informasi yang jelas untuk audiens. Pastikan audiens Anda mengetahui dan mengerti poin-poin serta hal-hal penting yang ingin Anda sampaikan secara lengkap, akurat dan informatif.

Kesimpulan

“Yang perlu diperhatikan adalah, jika Anda ingin membuat audiens mengingat poin penting dari presentasi, buatlah kesimpulan yang secara jelas dan berulang menekankan poin penting yang ingin Anda sampaikan. Ciptakan sebuah kalimat atau tagline yang memorable dan akan selalu diingat oleh audiens usai presentasi,” ujar Chandra Ming.

Foto dan gambar

Tidak ada salahnya untuk membuat presentasi sarat dengan fakta dan tulisan yang lengkap. Namun, jika Anda ingin menarik perhatian audiens, sisipkan juga foto dan gambar-gambar menarik dalam presentasi agar lebih mudah dilihat dan tentunya menyenangkan. Hal ini penting dilakukan agar isi presentasi Anda terkesan seimbang antara poin penting serta warna-warni foto dan gambar yang cerah.

Latihan

Jika Anda ingin lancar dalam melakukan presentasi, tidak ada salahnya untuk melakukan latihan di hadapan teman, keluarga atau rekan kerja. Dengan demikian Anda bisa mengoreksi kesalahan dan meningkatkan proses penyampaian saat presentasi. Lakukan strategi ini untuk Anda yang ingin tampil lebih baik saat presentasi.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/06/24/65/1424419/tips-membuat-presentasi-yang-menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *